Selasa, 11 Juni 2013

Serba-Serbi Wisata Kuliner Dari Wasabi Di Restoran Daio Wasabi Farm

Dari semua kuliner khas Jepang, rasa makanan wasabi merupakan makanan dengan rasa yang sangat sulit dilupakan. Dalam mulut mungkin akan terasa biasa saja, namun ternyata rasa pedasnya akan menjadi sensasi yang terasa hingga hidung.

Namun rasa asli dari kuliner khas Jepang ini tidak seperti yang dirasakan jika dinikmati saat masih segar atau baru diolah. Hal tersebut dapat dilihat langsung dari acara Media Familiarization Trip, yang dikelola oleh JTB Promotion Jepang dengan Garuda Indonesia dan Jalan Tour di Mei lalu, adalah restoran Daio Wasabi Farm yang ada di Hotaka, Azumino, Prefektur Nagano.


Selain menjadi budi daya untuk tanaman wasabi, tempat untuk memberikan olahan makanan Jepang ini dalam beragam jenis. Yaitu seperti ada olahan yang masih segar, seperti pada umbi akar lengkap dengan beberapa batang tanpa daun.

Berdekatan dengan tempat makanan ini, ada juga makanan lainnya seperti kroket dan es krim yang diolah dari makanan wasabi ini. Sementara di restoran yang terdapat di bagian belakang areal pertanian yang luas itu, menyediakan banyak makanan dengan racikan bumbu seperti kari wasabi, acar wasabi, dan jus wasabi.

Katsue Komatsu yang merupakan seorang interpreter mengatakan bahwa makanan Jepang ini sebenarnya manis dan segar. Dalam areal pertanian ini, para pengunjung dapat melihat olahan dan tentunya melakukan wisata kuliner Jepang sepuasnya.

Untuk minuman terdapat juga olahan lain dari makanan Jepang ini yaitu jus wasabi. Dengan rasa yang segar dan memiliki warna hijau, sama dengan warna sirup melon. Walau rasa sengatan dan sensasi yang terdapat dari kuliner khas Jepang masih terasa walau tidak begitu banyak.

Makanan wasabi berasal dari tumbuhan yang hanya ada di Jepang dan dibudidayakan di dataran tinggi yang mempunyai sumber air yang alami. Di Daio Farm, terdapat air dengan temperatur 13 derajat celsius sepanjang tahun. Bagian dari tumbuhan ini dapat dijadikan makanan seperti tempura yang direbus memakai saus kedelai dan gula, atau diolah dengan nasi. Sebagai makanan pencuci mulut, yaitu es krim.

Pengunjung restoran Daio Wasabi Farm akan memperoleh voucer yang dapat dipakai untuk membeli es krim atau kroket dengan bahan baku tanaman ini. Sementara itu, untuk stan depan restoran ini akan menjual snack tentunya dengan bahan baku tanaman ini. Tentu saja rasanya tidak pedas menyengat.


Restoran Daio Wasabi Farm adalah restoran yang terluas di Jepang. Berdiri pada tahun 1915. Menjadi tempat wisata dilengkapi dengan sungai dan kincir anginnya. Tempat ini pernah menjadi lokasi syuting film Dreams, dari Akira Kurosawa. Berjarak 32 kilometer dari pusat kota Matsumoto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar