Rabu, 05 Juni 2013

30 Kuliner Nusantara Perkenalkan Wisata Kuliner Indonesia

Wisata kuliner salah satu aktifitas atau salah satu agenda perjalanan para wisatawan yang sedang melakukan perjalanan kesuatu wilayah terutama turis mancanegara di Indonesia. Melihat hal tersebut, pemerintah akhirnya membuat 30 kuliner Nusantara menjadi suatu acara yang menjadi salah satu cara promosi Indonesia di berbagai negara, seperti nasi tumpeng.

" Belanja dan wisata kuliner Indonesia merupakan salah satu kegiatan favorit yang akan menjadi hal utama untuk Kemenparekraf. Karena kuliner adalah hal yang penting dalam nation brand, " ungkap Menparekraf Mari Elka Pangestu saat acara pengukuhan anggota Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) di Balairung Soesilo Soedarman, Kemenparekraf, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Mari Elka Pangestu mengatakan sekitar 6 macam wisata untuk hal khusus lainnya yang diutamakan dalam Sejarah dan Budaya, Alam, Rekreasi dan Olahraga, Cruise Ship, Spa dan Wellness, dan MICE. Namun tidak ada kuliner yang menjadi ciri khas dengan Indonesia yakni, Tom Yum di Thailand, atau Laksa di Singapura.

Melihat hal tersebut beliau beserta 5 kementerian yang bersangkut paut akan menjadikan sebuah pokok yaitu dengan adanya 30 kuliner Nusantara. Acara ini akan menjadi wakil Indonesia dalam promosi-promosi yang dilakukan di luar negeri. Buku dengan keterangan mengenai wisata kuliner Indonesia akan segera dipasarkan dan dipromosikan ke KBRI di beberapa negara.

 “ Akan ada rangkuman wisata kuliner Indonesia dan hal itu tidak mudah, ada 3 standar. Pertama, makanan dapat diterima banyak orang. Kedua, rempah-rempahnya dapat dengan mudah didapat di negara lain. Terakhir, ada cerita di baliknya, " papar Mari.


Indonesia memiliki banyak cerita mengenai wisata kuliner Indonesia, mulai dari budaya hingga nutrisi dan khasiat kesehatan. Seperti nasi tumpeng, dengan bentuk kue ulang tahun di luar negeri. " Nasi tumpeng akan menjadi bagian dalam 30 kuliner Nusantara itu. Sangat mewakili Indonesia, Malaysia tidak memiliki, ada juga rendang, sate, soto Banjar, ayam rica-rica, dan bir pletok, " kayanya tertawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar